fhany's blogsphere

not perfect, but limited edition ! Always try to be incredible !!!

Mencari Cat Kuku Berkualitas

Memoleskan cat kuku berarti menorehkan bahan-bahan kimia pada kuku.

Itulah fungsi pewarna kuku, yakni membuat kuku tampil lebih indah dipandang. Kini dengan berbagai warna dan jenis: dari matte, glitter, hingga metalik, cat kuku tak lagi sekadar memberi nuansa, namun juga dapat menyembunyikan berbagai kekurangan kuku. Apakah kuku itu kehitaman lantaran jamur, atau kekuningan karena kurang vitamin, polesan cat kuku akan menyelesaikan masalahnya. Setidaknya untuk sementara.

Perlu Anda ketahui, tanpa disadari memoleskan pewarna kuku berarti menorehkan bahan-bahan kimia pada organ tubuh kita yang mungil-mungil ini. Meski pada kemasan cat kuku jarang dicantumkan komposisinya, produk ini mengandung bahan-bahan kimia tertentu. Pewarna kuku pun memiliki masa kedaluarsa. Dalam kemasan tertutup bisa tahan hingga 10-15 tahun dan sampai 8 tahun jika sudah terbuka.

Mengingat komposisi bahan kimia yang terkandung di dalamnya, amat disarankan untuk tidak menggunakan pewarna kuku setiap hari. Dengan kata lain, kuku perlu diistirahatkan dari penggunaan cat kuku terus-menerus. Aturan ini juga berlaku meski kita telah menerapkan secara benar cara penggunaan cat kuku dan cat kuku itu adalah pewarna kuku yang berkualitas baik. Jadi setidaknya setiap malam, menjelang tidur, kuku dalam keadaan polos, agar tetap bisa memperoleh oksigen untuk bernafas.

Jadi kuning
Pengaruh pewarna pada kesehatan kuku bergantung pada daya tahan kuku terhadap cairan bahan-bahan kimia yang terkandung dalam cat kuku tersebut. Tentu daya tahan masing-masing individu akan berbeda.

Penggunaan secara terus-menerus akan mengakibatkan kuku rusak (tampak kuning atau berjamur). Terutama bila cat kuku yang digunakannya berkualitas rendah. Kandungan bahan kimia yang ada pada cat kuku akan meresap pada kuku dan menumpuk. Maka itulah, memilih cat kuku yang berkualitas amatlah bijak.

Tidak berubah bentuk
Saran Jemmy, marketing PT Nailpia International, Jakarta, pilihlah cat kuku yang bermerek. “Cat kuku branded meski harganya mahal, umumnya lebih berkualitas ketimbang cat kuku yang tidak jelas mereknya,” ujarnya sambil menjelaskan bahwa cat kuku tidak berkualitas umumnya dijual murah, produk 5 ml bisa diperoleh dengan hanya Rp 5.000.

Pewarna kuku berkualitas biasanya tidak akan mengalami perubahan bentuk. Jadi jika disimpan di ruang dingin dalam waktu agak lama tidak lantas jadi mengental. Jika digunakan pada kuku, bisa awet atau bertahan lama sekitar 2-3 minggu, dan catnya tidak akan tampak retak atau pecah. Sementara cat kuku berkualitas rendah akan mudah sekali retak, bahkan lepas, jika sudah menempel pada kuku.

Warna cat kuku berkualitas umumnya tidak terlalu terang atau tidak mencolok, melainkan lembut. Kalau pun terang, warnanya tidak ngejreng. Hal ini menandakan bahan kimia yang digunakan tidak terlalu banyak. Dari aroma, cat kuku berkualitas tidak terlalu menyengat.

Tanda lainnya, ketika dipoleskan, warna cat kuku yang berkualitas akan tampak soft dan polesan kedua menghasilkan warna sesuai aslinya. Kuas pewarna kuku yang baik, tidak mudah melebar meski sering digunakan.

(Dedeh Kurniasih/Tabloid Nakita)

http://www.female.kompas.com

November 4, 2009 - Posted by | make up

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: