fhany's blogsphere

not perfect, but limited edition ! Always try to be incredible !!!

Yang Bikin Rambut Rontok, dan Solusinya

STRESS gara-gara rambut rontok ??? oh my god, apa yang harus gw lakuin ??? sedih banget kalo setiap sisir rambut kita ngeliat berapa banyak helai rambut yang nyangkut disisir. Pengen nangisss rasanya.  Tapi eh tapi, ternyata Diane Berson, MD, dari Weill Cornell Medical College di New York City, memberikan kita secercah harapan dengan mengatakan, “Dari banyak kasus, masalah kerontokan rambut lah yang sepenuhnya dapat diobati.” Kenali penyebabnya, dan cara tepat untuk menolong rambut kita.

Syukur Alhamdulillah lah kalo gitu, mari kita coba pahami penyebab dan solusi dari rontoknya rambut-rambut indah itu …

Penyebab #1 Anemia
Alasan kerontokan bisa terjadi: Akibat kurangnya zat besi sehingga menurunkan kadar sel darah merah dalam darah kita. Kondisi tersebut akan berpengaruh terhadap kesehatan folikel rambut.

Solusi: Cara murah dan pastinya efektif dengan mengonsumsi suplemen zat besi yang dibarengi dengan vitamin C sebagai pendukung, agar penyerapan zat besi berlangsung maksimal.

Penyebab #2 Dalam perawatan medis tertentu
Alasan kerontokan bisa terjadi: Efek samping mengonsumsi obat antidepresan, diuretik, atau pil Rx dapat membuat rambut kita menjadi rontok.

Solusi: Mengatur dosis obat yang kita konsumsi, dan cobalah untuk mencari obat alternatif lain. Namun, lakukanlah pemeriksaan ke dokter kita terlebih dahulu.

Penyebab #3 Hypo atau Hyperthyroid
Alasan kerontokan bisa terjadi: Keadaan hormon yang tidak seimbang akan meningkatkan kadar zat kimia alami tubuh, yaitu DHT yang akan “menyerang” folikel rambut kita.

Solusi: Menggunakan resep obat yang mampu membantu mengembalikan kondisi hormon thyroid kita ke level normal atau sehat.

Penyebab #4  Diet rendah lemak
Alasan kerontokan bisa terjadi: Program pelangsingan tubuh yang terlalu ketat akan membuat rambut kita mengalami kerontokan. Tidak hanya itu, diet yang tidak sehat juga akan mengakibatkan kelelahan, dehidrasi, dan kram.

Solusi: Mengisi program penurunan berat badan dengan asupan  protein yang cukup setiap hari. Karena protein  merupakan nutrisi yang sangat penting untuk membuat rambut kita tetap sehat dan utuh.

Penyebab # 5 Stres
Alasan kerontokan bisa terjadi: Tingkat stres yang tinggi akan membuat folikel rambut menjadi tidak aktif atau terserang oleh sel darah putih, dan hasilnya seminggu kemudian rambut kita akan mengalami kerontokan.

Solusi: Melakukan relaksasi seperti yoga, meditasi, terapi, dan lain-lain. Dan, sebisa mungkin hindari stres yang berlebihan dan nantinya biarkan rambut rontok kita akan tumbuh kembali lagi.

Hayoooo… kategori mana yang kira-kira menjadi penyebab rontoknya rambut kalian ? segera kenali masalahnya dan dapatkan solusi terbaik penangulangannya…

Sumber :

(Astrid Anastasia/Prevention Indonesia)

Maret 9, 2010 - Posted by | hair

2 Komentar »

  1. oww…
    itu tow penyebabnya……
    thanks infonya..

    Komentar oleh Muna | Oktober 14, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: