fhany's blogsphere

not perfect, but limited edition ! Always try to be incredible !!!

Bagaimana Cara Menangis yang Sehat?

Selama ini seakan ada aturan tak tertulis yang mengatakan bahwa pria ataupun wanita dewasa tidak boleh menangis. Seakan ada penilaian bahwa menangis itu untuk orang yang lemah, tidak tahan banting, dan lainnya. Nyatanya, para psikolog dan peneliti justru mengatakan, menangis itu perlu.

Keuntungan yang terutama dari menangis adalah kemampuannya untuk membantu membersihkan perasaan lewat kelegaan emosional. Saat kita menangis, terjadi kelepasan ketegangan, kesedihan, dan emosi-emosi negatif lainnya yang menyebabkan rasa sakit dalam dada. Dalam banyak hal, menangis menjadi keran yang aman untuk mengizinkan Anda mengeluarkan emosi yang telah terpendam lama di dalam Anda.

Di lain pihak, banyak orang yang mengatakan bahwa tangisan yang melegakan membuat kita merasa lebih enak. Satu studi yang meninjau lebih dari 3.000 laporan detail mengenai aktivitas tangisan menemukan bahwa kebanyakan orang mengalami peningkatan mood baik seusai menangis. Studi terhadap 196 wanita di Belanda mengatakan, 9 dari 10 responden merasa lebih nyaman seusai menangis.


Cara mendapatkan tangisan yang sehat:

Para peneliti menemukan bahwa untuk membuat tangisan memiliki dampak yang menyehatkan bagi kesehatan emosional, dibutuhkan kondisi tertentu, antara lain:
* Anda harus memiliki orang untuk bersandar dan berkeluh kesah. Orang yang mendapatkan dukungan saat menangis dilaporkan memiliki pembersihan emosi yang lebih baik ketimbang mereka yang menangis sendiri. Cobalah cari teman atau orang terkasih yang bisa berempati terhadap masalah yang Anda alami.

* Setelah menangis, alangkah lebih baik jika Anda berhasil menemukan solusi dari permasalahannya. Kita akan merasa lebih baik ketika kita menangisi sebuah masalah yang sudah ada solusinya. Jika Anda menangis sebelum Anda menghadapi situasi yang membuat Anda ingin menangis, Anda cenderung sulit meraih hasil dari menangis itu atau malah membuat diri Anda merasa lebih parah.

* Anda perlu memastikan bahwa Anda menangis di tempat yang tepat. Mereka yang merasa malu saat menangis, berdasarkan laporan, tidak merasakan kebersihan emosi ataupun peningkatan mood. Jika Anda merasa malu menangis di tempat umum atau di depan beberapa orang, sebaiknya Anda tahan tangis itu, pergi ke tempat yang lebih aman, misalnya, toilet.

* Tangisan juga tak akan memberikan kelegaan jika Anda memiliki masalah kejiwaan, seperti depresi atau kekhawatiran yang berlebihan. Jika Anda menemukan bahwa Anda merasa lebih parah seusai menangis, sebaiknya temui dokter atau terapis untuk melihat apakah Anda memang memiliki masalah psikis.

Sumber: everydayhealth

Januari 8, 2011 - Posted by | Tak Berkategori

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: