fhany's blogsphere

not perfect, but limited edition ! Always try to be incredible !!!

Sindrom minggu malam

Menurut Craig D Marker, PhD, Direktur Anxiety Research and Treatment Clinic di University of Miami, bayangan akan beratnya hari-hari ke depan biasanya membuat kita tak rela kehilangan akhir pekan. Ketakutan tersebut kemudian berubah menjadi kecemasan dan gugup. Hal ini disebut sindrom minggu malam.

Menurut Fabiola P. Setiawan, MPsi, dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, kecemasan ini bisa diatasi dengan sugesti positif. Bayangkan peristiwa menyenangkan pada hari esok. Jaga kondisi tubuh tetap sehat dengan cara tidak melakukan aktivitas yang sifatnya melelahkan pada hari Minggu. Selain itu, terapkan juga saran beberapa pakar ini:

* Telepon Ibu
“Mendengar suara ibu ternyata mampu menenangkan dan meredakan stres,” ungkap para pakar dari University of Wisconsin di National Primate Research Centre.

* Buat Rencana untuk Hari Senin
“Tidak ada salahnya menyusun agenda kkegiatan hari Senin pada Minggu malam. Kita pun jadi merasa lebih siap menghadapi esok hari,” kata Fiona Harrold, motivator dari London.

* Nikmati Sisa Hari dengan Makanan Enak dan Sehat
Nikmati setiap suapan tanpa beban dan makan dengan perlahan. “Makan terburu-buru menunjukkan bahwa kita sedang cemas. Jadi, kunyah perlahan dan rasakan tekstur dari setiap makanan,” saran Elena Browner, pemilik Virayoga di New York City.

(Intan Sari Boenarco/Prevention Indonesia)

Januari 8, 2011 - Posted by | Psikologi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: